About


PenaSinergi berkehendak menjadi mitra strategis yang selalu membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai lembaga atau komunitas pendidikan dalam rangka pengembangan kualitas sumber daya mansusia (SDM).

Untuk mencapai tujuan itu PenaSinergi menyajikan berbagai informasi bertema pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi.

Sebagai media pendidikan dan peltaihan PenaSinergi bermula dari ide Lusius Sinurat untuk mengumpulkan postingan-postingannya tentang pendidikan di laman blog pribadinya: www.lusius-sinurat.com.

Namun dalam perkembangannya, teman-teman yang peduli dan memberi hati bagi pertumbuhan pendidikan di Indonesia pun mulai ikut bergabung. Ada Dionisius Sihombing, Prof. Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd (keduanya dosen Unimed), dan Fr. Paskalis Wangga, CMM, M.Pd yang lulus Mater Manajemen Pendidikan dari Unimed tahun 2016 lalu.

Akhirnya, postingan demi postingan mulai mengalir berkat bantuan kedua teman tersebut, hingga akhirnya lahirlah ide untuk menata media online ini menjadi blog gratisan di Wordpress dengan alamat www.penasinergi.wordpress.com. Sesekali Dion dan Paskalis mengirimkan opini dan berita dari aktivitas mereka mengajar.

Mengingat blog gratisan ini dirasa kurang efektif, akhirnya Lusius mengkonversi blognya menjadi blog berbayar dengan alamat yang ada sekarang, www.penasinergi.com dan tak pernah berpikir akan menjadi sebuah majalah cetak atau majalah online yang lengkap. Sebab, masing-masing dari kami sibuk dengan aktivitas masing-masing.

Selain menjadi media yang memberitakan mengenai kegiatan sekolah dan kampus (khususnya di Sumatera Utara), PenaSinergi juga terlibat dalam berbagai kegiatan pelatihan, terutama Lusius sendiri berprofesi sebagai pembicara di seminar dan pelatihan sejak tahun 2006 di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan di propinsi lainnya.

Mungkin tak banyak, PenaSinergi sudah berupaya memberi sumbangsih bagi kemajuan pendidikan di negeri kepulauan ini. Di titik inilah PenaSinergi selalu terbuka dan siap menampung berbagai berita sekolah, kampus dan lembaga/komunitas pendidikan yang ada di negeri ini, juga opini Anda tentang pendidikan di Indonesia.

PenaSinergi berharap kelak menjadi media yang dinamis, inovatif dan kreatif dan unggul dalam pemberitaan tentang pendidikan dan melalui berbagai kajian-kajian praktis dan pelatihan di bidang pendidikan. Itu sebabnya, PenaSinergi selalu maksmal saat dilibatkan sebagai inovator, fasilitator, mediator dan konsultan di bidang pendidikan guna meningkatkan kualitas insan-insan pendidikan di negeri ini.

Berikut ini topik seminar, sarasehan, pelatihan di bidang pendidikan yang dihidangkan bagi insan-insan pendidikan di Indonesia dari PenaSinergi:
  1. Pelatihan Pengembangan  Sumber Daya Manusia (Development Training): Leadership (Basic, Major & Advance), Building a Dynamic Team, Kompetensi dan Kompetisi, Creative Thinking (Basic, Major, Advance), dan lain sebagainya. 
  2. Sarasehat (Workshop) dan Seminar: Jurnalistik Guru, Jurnalistik Siswa, Creative Thinking, Effective Communication Skill, Speed Reading, dan lain-lain.
  3. Retret (Spiritual Life Coaching): Pembinaan Spiritual, Retret dan Rekoleksi (semua kelompok usia), Kursus Kepemimpinan (para Pembina iman anak, remaja, pemuda, dll.), Katekese Liturgi, Homiletika, dan lainnya.
Untuk mewujudkan misi dan tujuannya menjadi media pendidikan, PenaSinergi juga menyiapkan tenaga-tenaga handal dan profesional di bidang masing-masing. Mereka adalah Prof. Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd sebagi editorial advisory board (Dewan Penasihat Redaksi), Lusius Sinurat, SS, M.Hum sebagai chief editor (Pemimpin Redaksi), Dionisius Sihombing, S.Pd, M.Si sebagai managing editor (redaktur pelaksana), dan Fr. Paskalis Wangga, CMM, M.Pd sebagai editorial board (dewan Redaksi).