Mgr. Kornelius Pimpin Perayaan Ekaristi Pembukaan Musda LP3KD Sumut

Mgr. Kornelius Pimpin Perayaan Ekaristi Pembukaan Musda LP3KD Sumut
Mgr. Kornelius Sipayung OFM Cap berfoto bersama peserta Musda LP3KD Sumut (4/10)
PENASINERGI - Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Daerah (LP3KD) Sumatera Utara menggelar Musyawarah Daerah di Catholic Center Medan, pada tanggal 4 -5 Oktober 2019.

Kegiatan Musda yang ber-thema: "Terwujudnya LP3KD Sumut sebagai sarana untuk memuji, memuliakan dan mewartakan kasih Tuhan, serta mempererat kesatuan umat Katolik yang semakin bermartabat dalam bimbingan Hirarkhi Gereja", diawali dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Uskup Agung Keuskupan Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap.

Dalam homili, Uskup Kornelius mengulas tentang arti penting mengucap syukur kepada Allah.

"Ungkapan syukur merupakan ekspresi iman umat beriman atas penyataan kasih Allah, dan itu bisa dilakukan karena ada rasa percaya bahwa Tuhan hadir menyatakan diri dalam kehidupannya", tegasnya.

"Seperti halnya Fransiskus mengungkapkanan imannya dengan berdoa Deus meus et omnia (Tuhanku dan segalaku), kita pun diajak untuk mengarahkan hati kepada Tuhan secara total dan mengimani kasih Allah yang sangat besar. Fransiskus memandang Yesus sebagai manifestasi kasih Allah kepada umat manusia. Dengan berkata Deus meus et omnia, Fransiskus memuji dan memuliakan Tuhan," tambahnya.

Atas dasar itu Mgr. Kornelius mengajak peserta Musda LP3D Sumut menyatakan rasa syukur dan sekaligus mengeksperesikan pengakuan iman atas kasih Allah yang besar dalam hidup umat manusia.

Tak lupa Mgr. Kornelius mengajak umat Katolik untuk bersyukur kepada Allah karena Pemerintah daerah Sumatera Utara dan Kabupaten/Kota memberi sarana bagi umat Katolik mengungkapkan syukur kepada Allah lewat kegiatan Musda LP3KD Sumut.

Dalam menutup homili  Uskup mengajak agak peserta Musda semakin menyadari betapa pentingnya umat beriman bersyukur dan kiranya lewat Musda dapat dirancang aneka kegiatan bagi umat beriman Katolik untuk mengungkapkan iman kepada Allah, tidak terbatas pada bernyanyi (paduan suara), tetapi ditetapkan jenis lainnya.

"Selamat ber-Musda untuk saudaraku semua, Tuhan Memberkati kalian semua," tutup Mgr. Kornelius.


Peliput/Editor: Dionisius Sihombing