Kaderisasi OSIS SMP Assisi Kota Batak Riau

Kaderisasi OSIS SMP Assisi Kota Batak Riau
Kepala Sekolah, Sr. Paulina Siregar FCJM berfoto bersama siswa-siswi SMP Assisi Kota Batak yang sedang mengikuti Pelatihan Dasar Kepemimpinan dalam rangka kaderisasi calon pengurus OSIS pada tanggal 12-13 Oktober 2019.
PENASINERGI - Dalam rangka mengembangkan bakat kepemimpinan siswa-siswinya, SMP Assisi Kota Batak, Kampar, Riau mengadakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan pada tanggal 12-13 Oktober 2019 di kompleks sekolah. Pelatihan ini sekaligus merupakan momentum bagi sekolah untuk menjaring calon pengurus OSIS.

Kaderisasi ini merupakan program tahunan sekolah, karena dinilai positif dan efektif dalam menjaring calon pemimpin OSIS SMP Assisi Kota Batak.

"Setiap tahun, semua siswa kelas VII dan VIII kami kader, agar mereka memahami dasar-dasar kepemimpinan OSIS. Kami membekali anak didik kami tentang bagaimana menjadi pemimpin yang melayani. Tentu saja potensi tersebut sangat dibutuhkan dari pengurus OSIS di sekolah kami," tutur Sr. Paulina Siregar FCJM, kepala sekolah SMP Assisi Kota Batak kepada PenaSinergi (12/10)

Pihak sekolah sengaja melibatkan semua siswa untuk dikader. Semua siswa-siswi diberi kesempatan untuk dipilih menjadi pengurus OSIS.

Calon-calon paling potensial yang dijaring saat kaderisasi kemudian diberi kesempatan menyampaikan visi dan misinya andai dipercaya sebagai ketua atau pengurus OSIS, sebelum dilakukan pemungutan suara secara langsung, sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Menurut Sr. Paulina, melalui kegiatan kaderisasi siswa-siswi SMP Assisi Kota Batak dilatih berorganisasi, membangun keberanian untuk menyampaikan aspirasi dan mempersiapkan mereka agar mampu memimpin tekan-temannya.

"Pengalaman memimpin teman-temannya dalam kelompok kecil tentu akan menjadi bekal bagi mereka bila kelak  dipercaya memimpin kelompok yang lebih besar," tambah Sr. Paulina.

Kegiatan kaderisasi OSIS SMP Assisi Kota Batak berjalan dengan baik, lancar dan telah sesuai dengan apa yang diharapkan sekolah.

Para siswa merasa gembira dan menilai positif kehiatan kaderisasi ini. Mereka bahkan berharap ahar kegiatan serupa tetap dilanjutkan.


Penulis: Dionisius Sihombing
Editor: Lusius Sinurat