Pastor Erwin Beri Pembekalan Rohani Kepada Guru IPA Saat Diklat Laboran

Pastor Erwin Beri Pembekalan Rohani Kepada Guru IPA Saat Diklat Laboran
Pastor Daniel Erwin Manullang OFM Cap saat menyampaikan homili saat penutupan Diklat Laboran  di P4TK BBL Medan.
PENASINERGI - Ketua Komisi Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Medan (Komdik-KAM), Pastor Daniel Erwin Manullang OFMCap memberi pembekalan kepada 67 guru IPA atau tenaga Laboran sekolah Katolik tingkat SMP dan SMA/SMK Regio Sumatera.

Pembekalan ini disampaikan pada Diklat Laboran yang digelar Komdik-KAM bekerjasama dengan P4TK BBL Medan pada tanggal 26 September 2019 di P4TK BBL Medan.

"Ada tiga hal yang perlu direfleksikan oleh para guru dalam pelaksanaan tugasnya. Pertama, siapakah diri saya sekarang? Kedua, apa arah atau tujuan yang hendak saya capai? Dan ketiga, apa yang menggerakkan saya dalam bertugas?", tegas Erwin saat mempersembahkan Perayaan Ekaristi sekaligus sesi penutup Diklat Laboran.

"Jika guru tidak mengenal dirinya, tidak tahu jelas apa yang hendak dicapainya dalam tugas dan siapa yang menggerakkannya dalam bekerja di sekolah, maka ia akan merasa bosan, gelisah, bimbang, tak bersemangat, bahkan asal-asalan. Akibatnya, hasil pekerjaan tidak maksimal dan tidak sesuai dengan harapan pengguna jasa pendidikan. Maka, guru harus berbenah dan berefleksi," tambah Erwin.

Menurut Erwin, saat ini banyak guru tidak punya semangat tinggi dalam melakukan tugasnya. Hal itu terjadi karena guru tidak mengerti arah dan siapa penggeraknya saat melakukan pekerjaannya.

Erwin mengajak para guru agar berani menjawab dan berjuang seusai arah, misi dan visi sekolah menuju masa depan, masa di mana sukacita memenuhi hidup masyarakat sekolah.