KEPSEK YPHK Pematangsiantar Bahas RAPBS

KEPSEK YPHK Pematangsiantar Bahas RAPBS
Kepala Sekolah dan Pengurus YPHK di Tempat Pertemuan Suster FCJM Monteluco Viyata Yuda Pematangsiantar

PENASINERGI - Kepala TK, kepala SD, kepala SMP, kepala SMA dan Kepala SMK yang berda dalam naungan Yayasan Putri Hati Kudus (YPHK) Pematangsiantar mengadakan pertemuan di Rumah Pembinaan FCJM Munteluco, Viyata Yuda Pematangsiantar pada tanggal 21-22 September 2019.

Mereka berasal dari berbagai wilayah kerja, yakni Kota Medan, Kota Tebing Tinggi, Kota Tanjungbalai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Nias dan Kota Batak RIAU.

"Pertemuan para Kepala Sekolah bersama pengurus YPHK ini bertujuan untuk penyampaian Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) unit sekolah YPHK serta penentuan fokus perioritas kegiatan sekolah tahun 2019-2020 yang dananya harus dianggarkan," tutur ketua YPHK, Sr. Frederika Hasugian, FCJM yang didampingi kordinator bidang pendidikan dan personalia YPHK, Dionisius Sihombing, MSi.

Menurut Sr. Frederika, pertemuan ini juga menjadi momentum untuk evaluasi bersama mengenai kegiatan-kegiatan sekolah tahun pelajaran sebelumnya.

"Evaluasi ini merupakan upaya perbaikan demi mewujudkan komitmen YPHK bersama unit sekolah yang ada sehubungan dengan mutu pelaksanaan pendidikan di sekolah," tambahnya.

Dari hasil evaluasi diketahui bahwa rangkaian kegiatan sekolah yang dilakukan di unit sekolah yang ada secara umum menggambarkan keadaan yang positif. Kendati demikian masih tetap diharapkan terjadi pembenahan dan peningkatannya agar makin sesuai dengan harapan pelanggan yaitu orang tua siswa.

"Untuk itu, pemilihan kegiatan sekolah dan penganggaran biaya untuk kegiatan harus sejalan dengan fokus kerja YPHK Tahun 2019-2020, yakni demi peningkatan mutu Pendidik dan Tenaga Kependikan serta penguatan karakter dan kerohanian Pendidik, Tenaga kependidikan serta peserta didik," tegas Sr. Frederika.


Pada kesempatan ini, Sr. Frederika juga memperkenalkan pengurus YPHK periode 2019 -2024 kepada para Kepala Sekolah, dan  beliau berharap dukungan dan kerjasama ke depannya guna cita-cita bersama membangun YPHK.

Sementara itu, Koordinator bidang pendidikan dan personalia YPHK, Dionisius Sihombing turut memberikan gagasan pemikiran dalam pemajuan YPHK melalui pemajuan unit sekolah yang ada.

"Kemajuan sekolah akan terjadi bila para kepala sekolah mau diubah, memikirkan hal-hal positif, merancang kegiatan yang mendukung visi-misi, bekerjasama dengan berbagai pihak dan selalu terbuka pada perkembangan zaman. Oleh karena itu kita harus setingkat lebih baik dari sebelumnya dan itu bisa jika kita mau diubah" tegas Kata Dion.

Dipenghujung acara, para kepala sekolah  mengapresiasi kegiatan ini. Mereka berterimakasih dan beroleh energi baru dan pengetahuan baru untuk mengelola unit sekolah yang mereka pimpin.

Pertemuan ini diyutup olej ketua YPHK dalam suasana persaudaraan.


Penulis: Dionisius Sihombing
Editor: Lusius Sinurat