PPPTK-BBL Medan dan Komdik KAM Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah

PPPTK-BBL Medan dan Komdik KAM Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah
Peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah Yayasan Pendidkan Katolik Wilayah Regional Sumatera, 04-11 Agustus 2019 di PPPPTK-BBL Medan.


PENASINERGI - Sebanyak 136 Kepala Sekolah dari Yayasan Pendidikan Katolik Wilayah Regional Sumatera yang dikordinasikan oleh Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Medan (Komdik-KAM) bekerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Bidang Bangunan dan Listrik (PPPPTK-BBL) Medan dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (LPPKSI-Kemendibud) Solo menggelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah, pada tanggal 04-11 Agustus 2019 di Gedung PPPPTK-BBL Medan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kabid Fasilitas Peningkatan Kompetensi PPPPTK-BBL Medan, Nelson Manurung, SE.,MPd. Dalam sambutannya, Nelson menguraikan tujuan pelaksanaan diklat penguatan Kepala Sekolah untuk memperdalam kemampuan Kepala Sekolah dalam memimpin dan mengelola satuan pendidikannya, serta memiliki performa sebagai Kepala Sekolah bagi seluruh warga sekolah.

Selanjutnya, Nelson mengapresiasi upaya Komdik-KAM dalam mengkordinasi Yayasan-yayasan Pendidikan Katolik yang ada di wilayah regional Sumatera. 
"Komdik-KAM dengan cepat menyikapi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. Tahun 2016 tentang penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah yang mewajibkan persyaratan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)," kata Nelson kepada Penasinergi (4/8/2019).

"Apa yang dilakukan oleh Komdik-KAM, mulai dari bertemu langsung LPPKSI di Solo hingga menggelar kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah merupakan langkah strategis bagi Yayasan-yayasan pendidikan Katolik dalam menanggapi Permendikbud No. 2016. Komdik-KAM mengajak para Kepala Sekolah agar melaksanakan tugasnya sejalan dengan harapan pemerintah. Ya, tentu saja Sekolah Katolik telah bergerak cepat dan lebih maju satu langkah", tambah Nelson.

Ketua Komdik-KAM, Pastor Daniel Erwin Manullang OFM Cap, MA menyatakan rasa bangganya dapat menggelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah Yayasan Pendidikan Katolik Wilayah Regional.  "Terselenggaranya Diklat ini tak terlepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari Yayasan-yayasan Pendidikan Katolik, PPPPTK-BBL Medan, LPPKSI Solo dan pihak lain yang telah memberi dukungan.

Diklat Penguatan Kepala Sekolah Lembaga Pendidikan Katolik Regional Sumatera ini juga teselenggara berkat kerjasama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah membantu memverifikasi para kepala sekolah di wilayah tugas mereka., " tutup Erwin.