Mengabdi Dan Membawa Terang Mengucapkan Kata Yang Menyelamatkan Dan Mengulurkan Tangan Untuk Menolong

Posting Komentar
Jubileum 175 Tahun CMM: “Mengabdi dan Membawa Terang"
Para Frater CMM bersama imam dan petugas Misa
PENASINERGI - Ajakan ini sebagai ungkapan yang menjiwai inti kehidupan para Frater CMM dan kita semua yang menjadi ajang perayaan syukur jubileum 175 tahun Kongregasi Frater CMM di dunia - “Semuanya karena Belaskasih Allah”. Suasana dan sukacita Perayaan syukur Jubileum 175 tahun Kongregasi Frater CMM di dunia untuk wilayah Keuskupan Sibolga, dari komunitas tergabung (Komunitas Frater CMM Gunungsitoli – Nias dan Komunitas Frater CMM Aek Tolang – Pandan) disepakati untuk dilaksanakan di Komunitas Frater CMM Aek Tolang dan diwarnai dengan berbagai kegiatan.

1. Bakti Sosial Kesehatan
Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan oleh PERDHAKI Keuskupan Sibolga bersama tim relawan, yang terdiri dari para dokter, OMK, para suster, tenaga medis lainnya, disponsori oleh Fr. Amator Hems, CMM dan donatur lainnya. Kegiatan ini diselenggarakan di beberapa Paroki yaitu, Paroki Padang Sidempuan, Lahusa Gomo, Amandraya.

 Klinik St. Lukas Aek Tolang milik Kongregasi frater CMM yang juga anggota Perdhaki wilayah Sibolga senantiasa mengikutsertakan anggotanya dan beberapa utusan frater CMM untuk ikut berperan dan berpartispasi dalam kegiatan tersebut sebagai perwujudan akan permenungan para frater selama masa menjelang Jubelium 175 tahun yang bertitik tolak pada Spiritual Belaskasih dan Persaudaraan.

 Para Frater CMM khsusnya Komunitas Aek Tolang dan Gunungsitoli sangat mendukungnya. Dalam kegiatan Bakti Sosial Kesehatan diadakan Pembinaan Iman dan pendidikan Kesehatan kepada kelompok SEKAMI dan Remaka, penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, konsultasi kesehatan dan pengobatan gratis kepada umat.


2. Pertemuan Kaum Muda
Pertemuan kaum muda dilaksanakan pada tanggal 17 -18 Agustus 2019 dengan bentuk kegiatan:
  • Tanggal 17 Agustus 2019 dilaksanakan pertandingan sepak bola dan bola voly antara tiga asrama putera yang dikelolah oleh para Frater CMM, yaitu “Asrama Putera St. Don Bosco Balige, asrama Putera St. Don Bosco Gunungsitoli-Nias dan asrama Putera St. Bonaventura Aek Tolang sebagai tuan rumah. Anak-anak asrama menjalin keakraban, persaudaraan dan kekeluargaan sebagai saudara berbelaskasih diantara mereka sebagai anak bimbingan para frater CMM. Pertandingan olah raga antar asrama memperebutkan juara 1,2 dan 3. Pada malam hari, diadakan rekerasi bersama antar siswa asrama, sehingga suasana persaudaraan diantara mereka sangat baik dan membahagiakan.
  • Tanggal 18 Agustus 2019 diadakan “Seminar Kaum Muda dengan tema: Penguatan Iman dan Panggilan di Era Industri 4.0. Seminar sehari ini diberikan kepada Orang Muda Katolik dari berbagai wilayah dan tempat tinggal, yaitu “Para Siswi asrama puteri Sta. Ana Pandan (diasuh oleh para suster OSF Sibolga), para siswi asrama puteri Sta. Maria Sibolga ( diasuh oleh para suster SCMM), para siswa asrama putera yang diasuh oleh para Frater CMM ( asrama putera St. Don Bosco Soposurung - Balige, asrama putera St. Don Bosco Gunungsitoli-Nias, asrama putera St. Bonaventura Aek Tolang-Pandan) dan OMK paroki St. Yosep Pandan. 
Jumlah peserta yang hadir kurang lebih 300 orang dan para pendampingnya. Nara sumber dalam Seminar adalah Fr. Antonius Sipahutar, CMM dan moderatornya Fr. Yohanes Andyanus, CMM.

Untuk memperlancar kegiatan seminar, narasumber juga dibantu oleh para frater CMM: Fr. Antonius Ditubun, CMM (Pemimpin Komunitas CMM Aek Tolang), Fr. Agus Farneubun, CMM. Fr. Roby, CMM, Fr. Cipryanus CMM, Fr. Fernando Rumapea CMM dan Fr. Dedy, CMM), 3 suster SCMM, Bpk. Manalu dan Bpk. Sihite, (Guru SMP St. Fransiskus Pandan).

Tidak ketinggalan para karyawan/i Frater CMM Aek Tolang, anak Asrama putera St. Bonaventura, karyawan/ti Klinik St. Lukas Aek Tolang dan beberapa OMK Paroki Pandan turut membantu menyiapkan konsumsi. Kegiatan seminar sungguh dianimasi dengan baik oleh pemateri dan Tim.

Semua peserta seminar diajak oleh pemateri untuk menyadari identitas mereka sebagai orang muda, belajar untuk menata hidup , mampu menghadapi perubaham jaman dengan berlandaskan iman Katolik serta mereka juga dipanggil untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan belaskasih seperti yang dilakukan Yesus. Khusunya pada zaman milenial ini agar orang muda mampu menghadapi era industry 4.0 sekarang dan yang akan datang tanpa meninggalkan imannya.

Setalah pemaparan materi dan sharing, perserta dipandu oleh Fr. Roby CMM dan tim untuk membentuk 12 kelompok. Setiap kelompok didampingi oleh salah seorang pendamping yakni para suster SCMM yang hadir, para frater CMM dan para guru yang ikut dalam tim ini.

Setiap kelompok diberikan salah satu tema yang akan diskusikan dan membuat fragmen singkat sesuai tema dan akan dipertandingkan. Tema-tema yang ditawarkan sangat relavan dengan materi seminar, seperti: Narkoba, Pacaran Beda Agama, Surat cinta untuk Tuhan, Keluarga Cemara, Pengaruh Teknologi dan informasi, dan lain-lain.

Setelah makan siang, dilanjutkan dengan pementasan fragmen oleh setiap kelompok dan dinilai oleh dewan juri. Pemenang terdiri dari jaura 1,2,3,4 dan harapan 1,2,3 dan 4. Para peserta sangat antusias dan sungguh merasakan keakraban, kekompakan dan kebersamaan serta bahagia dengan kegiatan tersebut, dan tak terasa waktu sudah berakhir. Kegiatan sehari berjalan sangat baik, dan ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh P. Ando Gurning, Pr. Setelah perayaan Ekaristi, diadakan pengumuman pemenang lomba olah raga maupun Fragmen serta penyerahan hadiah bagi para pemenang.

3. Doa Lamentasi/Renungam Malam

Pada hari Minggu 25 Agustus 2019 sebagai puncak HUT Jubileum 175 tahun Kongregasi Frater CMM maka atas usulan P. Ando Gurning Pr, diadakan malam renungan dalam bentuk doa, secara khusus untuk menghormati pendiri kongregasi, Mgr, Johanses Zwijsen serta mengenang kilas balik detik-detik berdirinya kongregasi. Acara doa lamentasi dilaksanakan pada pkl. 19.00 (minggu malam) di ruang doa Asrama Putera St. Bonaventura dan diikuti oleh para siswa Asrama St. Bonaventura, para frater CMM komunitas Aek Tolang, Fr. Antonius Sipahutar CMM dari komunitas Gunung Sitoli, Sr, Yohana SCMM dan Sr, Rikarda SCMM dari komunitas SCMM Sarudik.

 Doa lamentasi dipimpin Fr. Anton Ditubun, CMM. Dalam doa lamentasi ini, diadakan penyalaan lilin untuk menghadirkan semua kongregasi SCMM, CMM, DPU, komunitas-komunitas dan karya pelayanan para frater CMM dan suster SCMM. Para frater, suster dan siswa Asrama sungguh khidmat mengikuti doa lamentasi. (suasana hening dan sungguh hikmat dan tercampur sukacita, mengenangkan senandung ziarah belaskasih Frater CMM 175 tahun dalam semangat persaudaraan dan berbelaskasih di dunia - “Semua Karena Belaskasih Allah). Acara ini diakhiri dengan penyalaan lampu lampion dan diterbangkan ke udara.

Keempat, Misa Syukur Jubelium 175 tahun Frater CMM dan 25 Tahun Hidup Membiara Fr. Cyprianus Angkadau CMM (Misa Spiritual CMM)

Kegiatan perayaan puncaknya Pesta Jubileum 175 tahun di Keuskupan Sibolga dilaksanakan di Aula SMP/SMA St. Fransiskus Aek Tolang (dekat Biara Frater CMM) pada tanggal 27 Agustus 2019 (dua hari sesudah perayaan puncak 175 tahun). Perayaan ini dirangkaikan dengan syukuran 25 tahun hidup membiara Fr. Cyprianus Angkadai, CMM anggota komunitas CMM Aek Tolang. Perayaaan Misa syukur ditunda dua hari, disesuaikan dengan jadwal Bpk.

Uskup Administrator Keuskupan Sibolga-Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFM Cap. Akan tetapi berkenaan dengan perubahan jadwal karena kesibukan Bapak Uskup dalam tugas kegembalaannya ke pulau Nias, maka perayaan ekaristi dipimpin oleh Delegatus Ad Omnia (Dao) Keuskupan Sibolga, (P. Sebastianus Sihombing, OFM Cap) dan didampingi oleh P. Blasius Yese, Pr (sekjen Keuskupan Sibolga), P. Bartolomeus Sihite, Pr (Pastor paroki St Yoseph Pandan), P. Mitodius Sarumaha OFM Cap (Kustos Kustodi Capusian Nias), P. Agustinus Supardi Pr (rektor Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang) beserta para imam konselebran lainnya yang datang dari Batam, Sibolga dan pulau Nias, berjumlah 23 Imam.

Sebelum perayaan ekaristi dimulai, diawali dengan pelepasan burung merpati di depan Aula oleh Pastor DAO Keuskupan Sibolga, Provinsial Frater CMM (Fr. Martinus Max Mangundap, CMM), Fr. Antonius B. Ditubun, CMM (Pimpinan Komunitas CMM Aek Tolang), Pastor Paroki St. Yosep Pandan, Fr. Cyprianus Angkadai CMM. Selanjutnya perayaan Eekaristi sebagai puncak ucapan syukur Jubelium 175 tahun Frater CMM di dunia dan 25 tahun hidup membiara Fr. Cyprianus Angkadai, CMM.

Umat yang hadir kurang lebih 400 orang, diantaranya banyak biarawan-biarawati (Imam, frater, bruder dan suster), termasuk para frater CMM dari Komunitas Pematangsiantar dan Balige, serta umat Allah. Kehadiran OMK yang sangat banyak melebihi dan mendominasi para Imam dan biarawan-biarawati, serta orang tua dalam pesta meriah tersebut.

Tema perayaan ini diambil dari konstitusi Frater CMM bab 1.artikel 10, “Mengabdi dan Membawa Terang, Mengucapkan Kata yang Menyelamatkan dan Mengulurkan Tangan untuk Menolong”.

Bacaan Kitab Suci dari Injil Lukas 10:26-37 tentang “Orang Samaria yang Murah Hati“ menjadi sentral permenungan dalam perayaan ini. Seluruh rangkaian Tata Perayaan Ekaristi dibingkai dalam konteks belaskasih untuk mendukung tema utama perayaan, sehingga dapat dikatakan Perayaan ini sebagai “Perayaan Spiritualitas Belaskasih.”. Juga ditengah perayaaan Ekaristi, yakni setelah homili oleh pastor DAO, diadakan upacara pembaharuan kaul para frater CMM di depan altar.

Diawali dengan penyalaan lilin Jubelium didepan patung bunda Maraia oleh Fr. Provinsial, pembacaan Konstitusi Bab 1, art. 1-10, oleh Fr. Agustinus Farneubun CMM, dan pembaharuan kaul oleh para frater CMM yang hadir.

Perayaan ekaristi sungguh hikmat dan meriah. Karena keagungan dan sungguh meriahnya perayaan Ekaristi, walaupun di guyur hujan lebat sejak perayaan Ekaristi dimulai sampai akhir dan bahkan sampai akhir pesta, sekaligus menghantar para undangan pulang kembali ke rumah atau komunitasnya. Namun tidak meredupkan sedikitpun keteguhan iman dan semangat umat untuk merayakan Perayaan syukur dan pesta gembira ria bersama para Frater CMM.

Setelah perayaan ekaristi (walaupun dalam suasana hujan), tetap dilanjutkan dengan acara ramah-tama, yaitu hiburan-hiburan (tarian dari siswa/i SD St. Melania Sarudik, Siswi Asrama Puteri Pandan, nyanyaian dari Para Guru SD St. Melania Sarudik dan lain-lain) yang sangat menggebrak hati para undangan bahwa sungguh berpesta riah, Diselingi juga acara pemotongan kue ulang tahun, makan malam bersama dan kata-kata sambutan. Provinsial Frater CMM (Fr. Martinus Max Mangudap, CMM) dalam kata sambutannya membacakan juga kata sambutan yang disampaikan oleh Pemimpin Umum Frater CMM (Fr. Lawrens Obiko, CMM). Dilanjutkan acara “Mangulosi” pemberian ulos menurut adat batak kepada Pastor DAO, Fr. Provinsial, Pastor Paroki St. Yosep Pandan (P. Bartho) dan Fr. Cypri, CMM. Sambutan dan Arahan dari Pastos DAO, sekaligus mengajak para undangan berdiri dan menyanyikan bersama lagu kesayangan Alm. Mgr. Ludovikus Sianullanga OFM Cap. “Hidup Ini Adalah Kesempatan, hidup ini untuk melayani Tuhan…

Acara demi acara dapat berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan tarian dan atraksi heroic Hombo Batu (Lompat Batu) oleh siswa asrama putera St. Bonavebtura, dan tarian masal “Maena” (tarian budaya dari daerah pulau Nias) yang menghipnotik hadirin berlari menuju panggung utama dan larut dalam ayunan kaki dan badan sambil bersorak dalam melantumkan lagu Maena.

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan doa penutup oleh pastor paroki St. Yoseph pandan (P. Bartholomeus Sihite, Pr). Para Frater CMM dan para undangan sungguh merasakan suasana pesta meriah yang merupakan pesta iman sebagai orang Katolik.

Mari bersama para Frater CMM, kita jadikan pesta ini untuk bersama-sama tetap meneruskan misi Belaskasih Allah itu bagi banyak orang, khususnya bagi mereka yang miskin dan menderita, kapan dan dimanapun kita berada dan melayani. “Semua Karena Belaskasih Allah”.

Perayaan syukuran Jubelium 175 tahun Frater CMM sungguh-sungguh menyenangkan dan berkesan bagi para Frater CMM, Suster SCMM, para undangan dan umat Allah yang hadir. “Semua Karena Belaskasih Allah”. Untuk itu pantaslah kita bersyukur kepada Tuhan, bahwa kita boleh merayakan perayaan iman, perayaan Spiritual Belaskasih bersama para Frater CMM. Mari, "Kita Kenang, Kita Percaya dan Kita Rayakan".

Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanan misi Belaskasih dan Persaudaraan Frater CMM di Sumatera Utara, teristimewa di Keuskupan Sibolga. Secara khusus untuk (+) Mgr. Ludovikus Simanulang, OFMCap, Mgr. Anicetus Bungsu Sinaga, OFM Cap, dan Delagatus Ad Omnia Keuskupan Sibolga (Pst. Sebastianus Sihombing, OFM Cap). Terima kasih juga kepada Provinsial Frater CMM Provinsi Indonesia (Fr. Martinus Max Mangundap CMM) yang berkenaan hadir dalam perayaan tersebut.

Terima kasih juga kepada para imam konselebran (23 orang imam) para suster OSF Pandan, Para Suster SCMM dan umat Allah yang turut hadir dan ambil bagian dalam perayaan syukur tersebut. Doa kita bersama, semoga Frater CMM tetap Jaya dan jayalah selalu dalam persaudaraan dan berbelaskasih. Selamat untuk para Frater CMM dan semua umat di Keuskupan Sibolga. Tuhan memberkati. Horas. Menjuah-juah, Njuah-juah, Ya'ahowu. Syaloom.


Penulis: Paskalis Wangga
PenaSinergi
Media Pendidikan dan Pelatihan (HC Consulting, Training & Coaching, Counseling & Facilitating for Personal Development, Self-Awareness, Leadership, and Communication & Excellent Attitude) dalam rangka pengembangan kualitas SDM Indonesia. Kirimkan tulisan Anda ke [email protected]

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email