Fransiskus Zai: Kepala Sekolah Dipanggil Membaktikan Diri Secara Penuh Menata Sekolah

Fransiskus Zai: Kepala Sekolah Dipanggil Membaktikan Diri Secara Penuh Menata Sekolah
Peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah Yayasan Pendidikan Katolik Regional Sumatera di Gedung PPPPTK-BBL Medan.

PENASINERGI
- "Kepala Sekolah dipanggil membaktikan diri secara penuh menata Sekolah. Panggilan sebagai Kepala Sekolah di Yayasan Pendidikan Katolik berorientasi pada upaya membentuk harta-harta yang  tak dapat binasa, yakni agar peserta didik menjadi cerdas dan berakhlak mulia."

Demikian ditegaskan oleh Pastor Fransiskus Zai, OFM Cap dalam permenungan saat Perayaan Ekaristi Penutupan Diklat Penguatan Kepala Sekolah YPK Regional Sumatera di PPPPTK-BBL Medan (10/8/19).

"Kepala sekolah sangat berperan dalam memajukan sekolah, sebab para pemimpin jadi acuan perilaku dan tindakan warga sekolah. Karenanya, Kepala sekolah harus membaktikan diri sepenuhnya kepada Tuhan bentuk persembahan dari orang beriman. Pembaktian diri itulah tanda kita sebagai orang beriman kepada Allah," lanjut Pastor Zai.

Sekolah adalah komunitas kaum beriman yang dalam setiap karya dijadikan sebagai suatu persembaham diri kepada Tuhan. Untuk itu Sekolah harus terbebas dari pemenuhan kepentingan diri semata, melainkan harus terarah pada memenuhi kepentingan masyarakat bangsa dan Gereja, dan  didalamnya serentak terpenuhi kepentingan personal dan keluarga.

"Kepala Sekolah harus mengorbankan yang paling baik dari yang dimilikinya, baik potensi dirinya maupun semangat pelayananya. Semangat itulah harta yang tak boleh hilang," pesan Pastor Zai..


Peliput: Dionisius Sihombing
Editor: Lusius Sinurat