Sekolah Harus Terbuka Terhadap Orang Tua Siswa

Sekolah Harus Terbuka Terhadap Orang Tua Siswa
Ibu Linda Rusdi,SPd, Dionisius Sihombing,SPd,MSi., Sr. Mardilince Sirorus, Jon Swalmen Sinaga,S.S. (dari kiri ke kanan)



PenaSinergi -  Eksistensi sekolah sangat ditentukan oleh bagaimana pengguna jasa sekolah yakni orang tua memercayai sekolah mampu membelajarkan dan mendidik anak mereka dengan pelayanan terbaik dan berkualitas.

Kepala Sekolah SD Budi Murni 7 Medan Sr. Merdilince Sitorus, Kepala Sekolah SD Budi Murni 3 Medan Linda Rusli, S.Pd dan Kepala Sekolah SMP Budi Murni 1 Medan Jon Swalmen Sinaga, S.S duduk bersama dalam diskusi santai (29/7/2019) di Medan.

Kepala Sekolah SD Budi Murni 7 Medan Sr. Merdilince Sitorus mengatakan bahwa sekolah harus merespon secara baik suara dari orang tua siswa dalam upaya pemajuan sekolah. 

"Bila orang tua siswa percaya dan mendukung sekolah, maka sekolah itu akan eksis", tegasnya. Lanjut Merdilince pihak sekolah patut terus berbenah mempersiapkan progam yang terarah pada peningkatan mutu pembelajaran dan juga meningkatkan kompetensi pendidik, sesuai harapan orang tua siswa.

Sejalan itu, Kepala Sekolah SD Budi Murni 3 Medan Linda Rusdi, S.Pd mengatakan bahwa pendidik disekolah perlu berkomitmen untuk mempersiapkan diri dan melaksanakan tugas mengajar dan mendidik dengan hati, tidak asal tetapi fokus dan bersemangat. Kepala sekolah dan Guru harus kompak dan kerjasama mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah, tuturnya.

Karena itu sebut Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Budi Murni 1 Medan Jon Swalmen Sinaga, S.S., bahwa Pendidik patut diperhatikan dan diapresiasi sehingga bersemangat melaksanakan tugasnya. Pendidik yang belum bersemangat dan belum sesuai yang diharapkan perlu didorong serta dilakukan pendekatan dan pembinaan.

Menangapi kehendak baik para kepala sekolah tersebut, Dionisius Sihombing, S.Pd., M.Si, Sekretaris Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Medan (Komdik-KAM) yang juga Akademisi Universitas Negeri Medan menyambut baik dan berharap agar kehendak baik itu dapat diterapkan di sekolah.

Lanjut Dion sekolah harus terbuka atas informasi aktifitas sekolah dan kerjasama dengan orang tua siswa dalam memajukan sekolah, tuturnya. Sebagai orang tua siswa yang menyekolahkan dua putranya di sekolah Katolik Dion pun menyatakan kesiapannya mendukung sekolah dalam memberikan ide atau gagasan untuk pemajuan sekolah. 

"Selama sekolah memerlukan gagasan, saya siap untuk itu", ucapnya lugas.


Peliput: Dionisius Sihombing
Editor: Lusius Sinurat