Pengamat: MOS Harus Junjung HAM

Candra Turnip, S.Pd

Penasinergi - Pengamat pendidikan, yang juga ketua Pemuda Katolik Pematangsiantar, Candra Turnip, S.Pd, menilai bahwa Masa Orientasi Siswa (MOS) sangat penting dilaksanakan bagi siswa-siswi baru di sekolah, tetapi harus jungjung tinggi Hak Azasi Manusia (HAM), ucapnya ke penasinergi.com via seluler (19/7/19).

Lebih lanjut Candra menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya MOS untuk memperkenalkan lingkungan sekolah, visi, misi, nilai-nilai sekolah, peraturan sekolah dan pengenalan organ sekolah kepada para siswa-siswi agar siap berproses mengikuti kegiatan pendidikan di sekolah, bukan dijadikan sebagai ajang melakukan kekerasan atau berbagai aksi yang merendahkan harkat kemanusian.

Karenanya perilaku kekerasan saat MOS harus dihindari. Apa yang terjadi bagi siswa SMA Taruna di Palembang di mana siswa mendapat pemukulan saat MOS hingga meninggal dunia menjadi sebuah bukti bahwa dunia pendidikan masih ada yang gagal memahami makna dari pelaksanaan MOS.

Kejadian itu telah mencoreng citra dunia pendidikan, maka pelaku pantas dihukum secara adil dan kasus itu menjadi bahan permenungan dan evaluasi bagi dunia pendidikan. (Dion)


Penasinergi