Komdik KAM Lakukan Ujicoba Aplikasi PIKAT di SD Assisi Medan

Komdik KAM Lakukan Ujicoba Aplikasi PIKAT di SD Assisi Medan
Ketua Komdik KAM (tengah) bersama tim menyerahkan perangkat Aplikasi PIKAT kepada Kepala SD Assisi Medan

PENASINERGI
- Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Medan (Komdik KAM) menghadirkan  sebuah aplikasi bernama PIKAT (Pendidikan Katolik) untuk digunakan di sekolah-sekolah Katolik. Tentu saja setelah mendapat mendapat persetujuan dari Uskup Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung OFM.Cap.

Aplikasi PIKAT sendiri merupakan langkah baru sekolah-sekolah Katolik dalam mengikuti perkembangan zaman.

"Untuk memastikan kinerja maksimal dari aplikasi PIKAT ini, Komdik KAM sedang menguji-cobanya di Sekolah Dasar Assisi Medan selama dari bulan Agustus-September 2019. Ujicoba ini dimaksud untuk menghimpun masukan dari para pengguna sebelum di-launching. Saya berharap agar aplikasi ini siap digunakan secara luas di sekolah Katolik," tutur Erwin kepada Penasinergi (30/7/2018).

Lanjut Erwin, didampingi Sekretaris Komdik KAM Dionisius Sihombing, M.Si menambahkan, "Tujuan aplikasi PIKAT adalah untuk meningkatkan komunikasi sekolah kepada orang tua siswa: orang tua akan mengetahui perkembangan anaknya di sekolah, seperti tingkat kehadiran dan hasil belajarnya; dan selanjutnya orang tua siswa dapat memberi masukan kepada pihak sekolah demi kemajuan sekolah."

Sebagaimana dijelaskan oleh Tim Pengembang Aplikasi PIKAT, Leonard Tarigan dan Jane, aplikasi PIKAT sendiri berbasis Android. Penggunanya adalah orang tua siswa. Isinya berupa fitur absensi siswa, e-raport, tutorial belajar, dan hasil karya siswa. Sementara siswa akan diberikan Kartu Identitas (ID) yang terhubung dengan aplikasi. Aplikasi PIKAT ini dapat di downlod di Play Store (Google Play).

Kepala SD Assisi Medan Sr. Bernardin Silalahi, FCJM menyambut baik aplikasi PIKAT. Menurut Sr. Bernardin aplikasi ini akan mendorong komunikasi timbal-balik antara sekolah dan orang tua.


Peliput: Dionisius Sihombing
Editor: Lusius Sinurat