3 Jul 2016

Dies Natalis dan Reuni Akabar SMA Katolik Bintang Timur 1 Balige

0
Dies Natalis dan Reuni Akabar SMA Katolik Bintang Timur 1 Balige
Marching Band SMA Katolik BIntang Timur 1 saat Dies Natalis ke-60
PENASINERGI - Nuansa kemeriahan begitu terasa ditengah keluarga besar SMA Katolik Bintang timur 1 Balige, saat perayaan puncak Dies Natalis ke-60 dan Reuni Akbar yang berlangsung pada tanggal 1 – 2 Juli 2016. Dises Natalai ini dirangkai dalam berbagai kegiatan menarik dan telah dibuka sejak Hari Guru Nasional, 25 November 2015 yang lalu.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan dalam menyongsong perayaan Dies Natalis yang ke-60 dan Reuni Akbar ini antara lain, pertandingan olah raga antar guru/pegawai TK, SD, SMP, SMA, Upacara Bendera bersama seluruh siswa sekolah Katolik se-Kabupaten Toba Samosir, Lomba Festival Vokal Group Tingkat SMP dari empat Kabupaten di sekitar Danau Toba bagian Selatan (Kab. Toba Samosir, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Humbang Hasundutan, dan Kab. Samosir).

Tak hanya kegiatan di lingkungan internal, berbagai kegiatan eksternal yang tak kalah menarik juga dilakukan, seperti aksi kebersihan Kota Balige dan pantai Danau Toba oleh siswa pencinta alam (SISPALA), liga OSIS tingkat sekolah, Aksi Natal dan Paskah dengan mengumpulkan sembako dan pakaian layak pakai oleh siswa yang tergabung dalam kelompok organisasi God Voice, Aksi pengumpulan sembako dan pakaian layak pakai ini, diserahkan pada beberapa panti asuhan.
Dies Natalis dan Reuni Akabar SMA Katolik Bintang Timur 1 Balige
Seminar Umum dengan pemateri Ir. Darwin Siagian (Bupati Tobasa, alumni tahun 1970), Dr. Tagor Pangaribuan, M.Pd (Ketua Program Pasca Sarjana UHN Medan , alumni tahun 1982), Dr. Ir. Mangasa Augustinus Sipahutar, MM (Chairman & CEO at MECODE Studies, alumni tahun 1982) dengan moderator Drs. Wilmar Eliaser Simanjorang, Dipl.Plan., Dipl.Ec. M.Si (mantan plt. Bupati Toba Samosir).

Acara puncak perayaan sendiri berlangsung selama dua hari satu malam yang dipusatkan di halaman sekolah yang telah berdiri sejak 1956 ini, dengan tema “Temu Kangen Alumni”. Tema ini dipilih mengingat sejak SMA Bintang Timur 1 Balige berdiri, belum pernah diadakan Reuni Akbar untuk seluruh angkatan.

Maka tak heran bila 13.800 alumni dari angkatan pertama hingga angakatan yang baru lulus tahun ini turut hadir memenuhi halaman sekolah yang terletak di Jl. Pastor Sybrandus van Rossum Soposurung, Balige - Toba Samosir ini. Selain alumni, acara puncak Dies Natalis ini juga dihadiri oleh ribuan siswa, guru, mantan guru, jajaran muspida, jajaran Dinas Pendidikan, DPRD, imam dan biarawan-biarawati serta tamu undangan lainnya ini.

Perayaan ini diawali dengan long march Marching mengelilingi kota Balige diiringi Band SMA BTB 1 Balige. Long march ini diikuti oleh seluruh siswa, para guru, mantan guru, pegawai dan seluruh alumni. Tak kalah menarik dalah kehadiran Bupati Kabupaten Toba Samosir Ir. Darwin Siagian, Wakil Ketua DPRD Toba Samosir Drs. Asmadi Lubis, M.Kn dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Toba Samosir, para Frater CMM, pihak kepolisian serta satuan pamong praja dalam kegiatan yang start dari depan Gereja Katolik St. Yoseph Balige dan berakhir di komplek SMA Katolik Bintang Timur 1 Balige.

Bupati Tobasa, Ir. Darwin Siagian (alumini) juga didaulat sebagai keynote speaker dalam acara seminar umum yang dilangsungkan setelah long march usai. Sementara Dr. Tagor Pangaribuan, M.Pd (alumni 1982), Dr. Ir. Mangasa Augustinus Sipahutar, MM (alumni 1982) dengan moderator mantan pejabat Bupati Toba Samosir, Drs. Wilmar Eliaser Simanjorang, Dipl.Plan., Dipl.Ec. M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Toba Samosir, Ir. Darwin Siagian mengatakan, "Berbagai Pertunjukan seni siswa-siswi SMA Bintang Timur 1 Balige ini merupakan pionir pariwisata tingkat sekolah, terutama dalam rangka dan mendukung Badang Otorita Danau Toba yang segera akan dibentuk pemerintah pusat."
Dies Natalis dan Reuni Akabar SMA Katolik Bintang Timur 1 Balige
Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh Vikaris Episcopal St. Fidelis Dolok Sanggul RP. Gregorius Harapan SVD sebagai selebran beserta RP. Toto Hartadja SJ, RP. Harry van Gene OFM.Cap, RP. Lepold Purba OFM.Cap dan RP. Alex Silaen OFM.Cap sebagai konselebran

Perayaan Dies Natalis ke-60 ini diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Vikaris Episcopal St. Fidelis Dolok Sanggul RP. Gregorius Harapan, SVD, RP. Toto Hartadja, SJ. RP. Harry van Gene, OFM.Cap. RP. Lepold Purba, OFM.Cap dan RP. Alex Silaen, OFM.Cap sebagai konselebran. Perayaan Ekaristi berlangsung dengan hikmad.

Dalam kotbahnya RP. Gregorius Harapan, SVD menegaskan bahwa Pesta Syukur Dies Natalis ke-60 SMA Bintang Timur 1 Balige merupakan wujud membangun kembali semangat awal para misionaris Frater CMM yakni percaya kepada Tuhan bahwa karya kerasulan pendidikan ditepian Danau Toba ini pasti akan berjalan dengan baik dalam membantu banyak orang untuk semakin mengenal diri, Tuhan, sesama, dan lingkungannya, sekaligus memanusiakan manusia muda.

“Apa yang dilaksanakan oleh para Frater CMM serta para guru dan mitra kerja mereka di sekolah ini, sejalan dengan misi gereja Katolik yaitu membawa perubahan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan menggereja”. “melahirkan orang yang pintar secara akademik skaligus menumbuhkan orang yang beriman teguh dan bermoral tangguh,” tutur Pastor Goris.

“Pendidikan harus membawa perubahan bagi masyarakat yang dilayani, perubahan itu harus menyentuh aspek intelektual, nurani dan skill”. “Karenanya pengandaian dasar gereja katolik yaitu orang yang intelektualnya terasah, berarti dia adalah orang yang nurani dan moralnya juga terbina baik, dan dia yang juga memiliki semangat kerja yang tinggi," tambahnya.

Sebelum Perayaan Ekaristi berakhir Kepala SMA Bintang Timur 1 Balige, Fr. Fransiscus Linus, CMM, S.Pd. M.Si, Ketua Yayasan Pendidikan Katolik St. Yoseph Medan RP. Toto Hartadja, SJ meniup lilin dan memotongan kue ulang tahun ke-60 dan selanjutnya membagikannya kepada perwakilan guru, siswa, mantan guru, alumni, dan perwakilan dari DPRD serta Bupati Toba Samosir yang diwakili oleh wakil Bupati Ir. Wilman Sitorus. Dan sesaat setelah Perayaan Ekaristi selesai diadakan pengguntingan dan pelepasan balon 60 tahun SMA Bintang Timur 1 Balige.

Perayaan syukur Dies Natalis ke-60 SMA Bintang Timur 1 Balige dapat berjalan dengan baik karena kontribusi dan komitmen dari berbagai pihak. Semoga SMA Bintang Timur 1 Balige dapat tumbuh berkembang dan menghasilkan siswa-siswi terbaik bangsa khususnya di Sumatera Utara ini.

Happy 60rd Anniversary Bintang Timur 1 Senior High school.(Fransiskus Linus CMM/Lusius)


Pena Sinergi
Author Image
AboutPenaSinergi

Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

Tidak ada komentar: