Uji Coba CBT Dalam SBMPTN 2016

Uji Coba CBT Dalam SBMPTN 2016
PenaSinergi - Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merilis bahwa ada yang berbeda dalam pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini. Seleksi mahasiswa baru di PTN akan menggunakan sistem computer based testing (CBT) tanpa menghilangkan sistem paper based testing (PBT) seperti tahun-tahun sebelumnya.
Berbeda dengan PBT, CBT menggunakan alat bantu komputer. Artinya, peserta ujian tak lagi berkutat dengan kertas lembar jawab, tetapi semua dikerjakan di komputer. Mereka membaca soal di layar komputer dan mengisi jawabannya di sana pula. Tampaknya ini selaras dengan sistem UNAS/UN yang belum lama berlangsung beberapa waktu lalu.
Seperti dirilis KOMPAS.COM, dalam seleksi dengan CBT soal akan muncul satu per satu secara berurutan sesuai nomor soal, untuk memudahkan peserta untuk menjawabnya. Jika di tengah jalan ingin mengubah jawaban, para peserta tinggal mencari kembali nomor soal yang dimaksud dan mengisikan jawaban yang baru.

Waktu ujian yang tersisa pun akan muncul pula di layar komputer. Durasi pengerjaan ujian CBT dan PBT tetap sama. Hanya saja dengan CBT isian jawaban peserta ujian akan otomatis diperiksa setelah para peserta selesai mengerjakan soal, meski hasil ujian tersebut tak akan terlihat real time. Artinya peserta CBT tetap harus bersabar menunggu pengumuman hasil SBMPTN. Pengumuman itu serentak dilakukan, bersamaan dengan hasil PBT, pada 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB.

Lantas bagaimana dengan infrastrukur pendukung CBT pada SBMPTN 2016? Panitia akan menggunakan fasilitas yang ada di perguruan tinggi negeri. Setidaknya sudah ada 16 perguruan tinggi negeri menyatakan siap menggelar CBT. Silahkan unduh tata cara pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan mulai 18 April 2016 melalui laman:http://download.sbmptn.ac.id
Periode pendaftaran dan pelaksanaan ujian PBT dan CBT sendiri akan berbeda. Pendaftaran PBT dibuka pada 25 April 2016 hingga 20 Mei 2016, sementara pendaftaran PBT berlangsung pada 29 April 2016 sampai 9 Mei 2016.
Ujian dengan menggunakan komputer (CBT) sendiri akan dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pada 28-30 Mei 2016, sementara PBT digelar sehari pada 31 Mei 2016. Untuk jurusan kuliah yang membutuhkan ujian keterampilan, tes akan dilakukan dua hari pada 1-2 Juni 2016. (Kemenristekdikti)
PenaSinergi
Media Pendidikan dan Pelatihan (HC Consulting, Training & Coaching, Counseling & Facilitating for Personal Development, Self-Awareness, Leadership, and Communication & Excellent Attitude) dalam rangka pengembangan kualitas SDM Indonesia. Kirimkan tulisan Anda ke [email protected]

Related Posts

Follow by Email