Media Wahana Efektif Publikasikan Karya Ilmiah

Media Wahana Efektif Publikasikan Karya Ilmiah
Pembicara dan Peserta "Workshop Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Populer" berfoto bersama. Insert: Dr. M. Yusuf, M.Si
Pena Sinergi - Sebanyak 45 orang Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (FE Unimed) mengikuti Workshop Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Populer pada tanggal 13 April 2016.

Ketua Panitia Pelaksana workshop, Dr. Eko Wahyu Nugraha, M.Si memaparkan tujuan kegiatan di atas, yakni merespon harapan pimpinan Unimed dalam langkah peningkatan dan pencitraan positif kepada masyarakat melalui publikasi ilmiah karya Dosen.

“Dosen FE Unimed masih kurang memanfaatkan media sebagai tempat publikasi karya ilmiah yang dihasilkannya. Sejauh ini publikasi karya ilmiah dosen-dosen FE Unimed masih sebatas pada Jurnal Ilmiah," Tandas Eko, yang juga Wakil Dekan I Bidang Akademik ”.

Senada dengan itu, kepada peserta, Dekan FE Unimed, Prof. Indra Maifita, M.Si.,Ph.D menegaskan bahwa media adalah wahana publikasi yang sangat efektif. Melalui media hasil-hasil penelitian akan sampai kepada masyarakat luas. Sejauh ini hasil-hasil penelitian itu baru sampai di kalangan terbatas, yakni kalangan akademisi.

"Dosen FE Unimed sangat diharapkan untuk mempublikasikan karya ilmiahnya kepada masyarakat luas, agar Unimed turut membangun cara pandang dan wawasan masyarakat umum. Hanya dengan cara inilah Unimed, khususnya FE Unimed, dapat meningkatkan citra dan reputasinya di mata publik.

Kenyataannya, peningkatan kuantitas dan kualitas karya ilmiah para dosen FE sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dan oleh karenanya harus dipublikasi lewat media, baik media cetak maupun media elektronik," ajak Indra.
Suasana workshop

Apa yang disampaikan oleh Dekan FE Unimed merupakan ruang simpul dari topik "Menulis Opini di Media" oleh Ridwan Kamil (Redaktur Harian Analisa) dan topik "Menulis Karya Ilmiah Populer" yang dipresentasikan oleh Hermansyah (Redaktur Pelaksana Harian Waspada).

Di penghujung acara, Pena Sinergi meminta pendapat tentang pelaksanaan kegiatan dari salah seorang peserta, Dr. M. Yusuf, M.Si,

"Menurut saya, kegiatan ini sangat membantu dan mendorong semangat para dosen FE Unimed untuk menulis (karya ilmiah). Hanya saja ada kendala utama, yakni berbagai kesibukan kita para dosen, sehingga tak menyisakan waktu untuk menulis.

Saya pribadi, melalu pelatihan ini, akan berkomitmen untuk menulis, bukan saja demi pengembangan citra dan reputasi Unimed, tetapi juga demi pengembangan diri saya sebagai seorang pengajar, " tuturnya mantap. (Dion/Dosen Dre)
Penyunting: Lusius Sinurat
PenaSinergi
Media Pendidikan dan Pelatihan (HC Consulting, Training & Coaching, Counseling & Facilitating for Personal Development, Self-Awareness, Leadership, and Communication & Excellent Attitude) dalam rangka pengembangan kualitas SDM Indonesia. Kirimkan tulisan Anda ke [email protected]

Related Posts

Follow by Email